POWER FACTOR LEADING dan LAGGING



Faktor daya Leading (Kapasitif) dan Lagging (Induktif) adalah dua istilah utama yang terkait dengan faktor daya dalam sistem kelistrikan AC. Perbedaan penting antara faktor daya leading dan lagging adalah bahwa dalam kasus faktor daya leading, arus mendahului tegangan dan Legging arus tertinggal dari tegangan. 
Apakah yang menyebabkan arus menjadi lead atau lag ? jawabannya adalah tergantung pada kondisi beban itu sendiri, apabila dalam beban tersebut banyak mengandung induktifitas maka banyak terjadi rugi-rugi daya.
Apa itu yang menyebabkan rugi-rugi daya ?
Yuk kita bahas sedikit dibawah ini :............................

 


Rekan rekan pasti tidak asing denga apa itu "faktor daya", Factor daya biasanya digunakan untuk rangkaian AC satu fasa dan tiga fasa.

Jika kita berbicara mengenai factor daya atau power factor itu tidak lepas dengan apa itu segitiga daya, mari kita sedikit mengingat apa itu segitiga daya.

Segitiga daya adalah sebuah segitiga siku-siku yang digunakan untuk menggambarkan dan memudahkan dalam menghitung daya aktif , daya semu dan daya reaktif.
Daya Aktif

Daya aktif adalah suatu daya yang dikonsumsi oleh beban atau peralatan listrik.

Daya ini merupakan daya untuk mengubah suatu energi listrik menjadi energi lain.

Misalkan pada sebuah motor dimana ada konversi energi listrik menjadi energi

gerak.Satuan dari daya aktif adalah Watt. 

Daya Semu

Merupakan Total kapasitas daya yang siap untuk digunakan untuk dikonsumsi beban listrik.  Daya semu ini disuply oleh PLN dengan satuan VA (Volt Ampere).

Daya Reaktif

Daya reaktif adalah sebuah daya yang diserap oleh beban  sehingga menhasilkan medan magnet.

Seperti transformator, motor, dan lain lain yang akan menghasilkan daya induktif. Daya induktif disebabkan oleh winding trafo atau kumparan yang digunakan untuk membangkitkan medan magnet agar peralatan listrik dapat bekerja.

Satuan dari Daya Reaktif ini adalah VAR (Volt Ampere Reaktif).

Faktor Daya

Faktor daya atau power factor (Cos Ď†) merupakan daya yang tidak diserap oleh beban sehingga menimbulkan rugi-rugi daya, apa itu rugi-rugi daya ???

istilah gampangnya adalah daya aktif yang tidak terserap oleh beban sepenuhnya dikarenakan terjadi induktifitas pada peralatan  listrik.

Sehingga apabila nilai factor daya rendah maka daya aktif tidak sebanding lurus dengan daya semu.

Oleh karena itu dalam jaringan listrik distribusi diwajibkan untuk memasang kapasitor bank agar dapat memperbaiki factor daya.

 

 

 

 


Comments